Telp. (0622) 433639 | fax. (0622) 433639

Menu

Izin Belajar

Pengertian :
  1. Tugas belajar adalah penunjukan yang diberikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah kepada Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Tunjangan belajar adalah bantuan berupa uang di luar gaji yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten kepada Pegawai Negeri Sipil yang melaksanakan tugas belajar menurut ketentuan pera-turan yang berlaku
  3. Ijin belajar adalah ijin tertulis yang diberikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  4. Surat keterangan belajar adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah kepada Calon Pegawai Negeri Sipil yang pada saat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil sedang menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Ijin penggunaan gelar akademik adalah ijin tertulis yang dikeluarkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah kepada Pegawai Negeri Sipil atau Calon Pegawai Negeri Sipil untuk penggunaan gelar akademik setelah lulus mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan memperoleh ijazah.
  6. Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah adalah penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil setelah yang bersangkutan memperoleh ijazah yang setingkat lebih tinggi dan memenuhi ketentuan yang berlaku
  7. Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah adalah Ujian yang dilaksanakan bagi Pegawai Negeri Sipil untuk memenuhi salah satu syarat kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.
  8. Pendidikan jarak jauh adalah penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya tidak berhadapan secara langsung dengan pendidik dan menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi informasi dan atau media lain

Prosedur :

PROSEDUR PENGAJUAN DAN KELENGKAPAN PERSYARATAN TUGAS BELAJAR

  1. Surat pengajuan untuk mengikuti seleksi ujian masuk ke Lembaga Pendidikan diajukan oleh Kepala SKPD kepada Bupati melalui Kepala BKD.
  2. Setelah melaksanakan tahapan seleksi tersebut, melaporkan hasil seleksi ujian masuk ke Lembaga Pendidikan kepada Kepala SKPD untuk ditindaklanjuti pengajuan surat keputusan tugas belajar.
  3. Surat pengajuan keputusan tugas belajar beserta kelengkapan administrasi diajukan oleh Kepala SKPD kepada Bupati melalui Kepala BKD.
  4. Semua kelengkapan persyaratan administrasi surat keputusan tugas belajar tersebut di jilid rangkap 1 (satu dengan sampul warna hijau.
  5. Adapun kelengkapan persyaratan administrasi surat keputusan tugas belajar sebagai berikut:
    • Surat rekomendasi dari Kepala SKPD (Contoh redaksional surat ada di lampiran SE Bupati Grobogan, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan No. 33 tahun 2009).
    • Surat keterangan diterima atau lulus seleksi ujian masuk dari pimpinan lembaga pendidikan.
    • Fotokopi surat keputusan dalam pangkat terakhir dilegalisir.
    • Fotokopi surat keputusan menduduki jabatan struktural atau fungsional terakhir dilegalisir (bagi PNS yang menduduki jabatan tersebut).
    • Fotokopi DP-3 dalam 1 (satu) tahun terakhir dilegalisir.

Kontak

Badan Kepegawaian Daerah

Alamat   : Jalan Merdeka Nomor 4 Pematangsiantar

Telp          : (0622) 433639

Fax           : (0622) 433639

e-Mail       : bkdpematangsiantar@yahoo.com